Minggu, 24 Juli 2011

Tutorial XAMPP

Klik dua kali file XAMPP installer yang akan diinstal (contoh yang dipakai disini adalah xampp-win32-1.7.4-installer.exe, yaitu XAMPP versi 1.7.4).




Berikutnya klik saja [OK] untuk pilihan bahasa, English



Klik [Next] pada jendela Setup Wizard yang muncul.




Berikutnya Anda diminta memilih folder tempat XAMPP dipasang. Untuk mudahnya pilih saja di c:\ seperti default-nya kemudian klik [Next].




Pada jendela yang muncul berikutnya klik [Install], dimana shortcut untuk menjalankan XAMPP akan ada di desktop dan menu Star


 Tunggu beberapa menit sementara XAMPP diinstal.



 Klik [Finish] setelah XAMPP selesai diinstal.




Anda akan mendapati windows konfirmasi, apakah akan menjalankan XAMPP Control Panel sekarang atau nanti. Klik [Yes] bila anda akan menjalankannya sekarang.



Setiap kali Anda akan mengelola atau menjalankan situs Web Anda di PC lokal, Anda harus menjalankan XAMPP. Menjalankan XAMPP berarti menjalankan fungsi PC Anda sebagai server Web. Untuk menjalankannya, klik ikon XAMPP dan Anda dihadapkan pada XAMPP Control Panel.

Klik [Start] masing-masing untuk Apache, MySql dan FileZilla, sehingga muncul tanda Running. PC lokal Anda kini sudah menjadi server Web lokal.




untuk memastikan server Web Anda benar-benar berfungsi, coba jalankan browser Anda (contoh: Internet Explorer) dan ketikkan: http://localhost. Bila muncul tampilan seperti di bawah ini, berarti PC Anda sudah berfungsi sebagai server Web. Klik [English] untuk memilih bahasa Inggris.














 
  

Setelah masuk ke dalam XAMPP, Anda dapat melakukan berbagai administrasi untuk server Anda.



Demikianlah Tutorial ini saya buat semoga bermanfaat buat anda semua



Tidak ada komentar:

Posting Komentar